Senin, 17 Agustus 2020

HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Tengah Pandemi


                       HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Tengah Pandemi 

          Ada nuansa yang jauh berbeda dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini. Mengapa? Tiada jawaban selain karena si Covid-19. Dalam kurun waktu sekitar 7 bulan sejak pertama kali wabah ini muncul, wajah negeri ini berubah total yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Diantaranya, pandemi ini telah mengubah wajah pendidikan Indonesia. Sistem pendidikan yang sebelumnya terstruktur dengan tatap muka, harus ditransformasi menjadi pembelajaran jarak jauh yang diidentikkan dengan BDR (Belajar Dari Rumah). Segala proses pelaksanaan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring (online) demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. 

         Begitupun dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 yang juga dilaksanakan secara virtual. Perbedaan sangat terlihat dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI selalu diwarnai dengan berbagai kegiatan/lomba yang melibatkan partisipasi orang banyak. Tapi di tahun ini, semua hal tersebut tidak lagi kita jalani dengan meriah dan sorak gembira di keramaian. Walaupun berada pada kondisi pandemi saat ini, kobaran semangat untuk tetap merayakan HUT Kemerdekaan RI masih tetap membara. Terbukti dengan tetap diadakannya upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang pelaksanaanya tetap mengacu pada protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19. 

        Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-75 digelar minimalis dan terbatas. Personil dalam upacara peringatan ini dibatasi dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak fisik. Ini adalah ketentuan pusat yang harus diikuti oleh semua pemerintah daerah. Upacara peringatan kemerdekaan RI ini tidak hanya dilaksanakan dan diikuti secara langsung di lapangan tapi juga bisa diikuti secara virtual/online yang disiarkan secara live. Di sinilah kreativitas kita berperan penting, selalu berusaha menemukan solusi untuk bisa keluar dari permasalahan. Ya jelas, permasalahannya bagaimana memperingati HUT Kemerdekaan RI di tengah merebaknya pandemi Covid-19 yang dilaporkan jumlah orang yang terpapar semakin meningkat setiap hari. 

     Meskipun perayaan peringatan tahun ini berlangsung terbatas, semangat tetap membara seperti yang diungkapkan oleh presiden Jokowi di istana merdeka saat memberikan pidato dalam mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke-75 hari ini. "Namun, semangat yang sama tetap membara. Di balik setiap kesulitan, selalu ada kemudahan. Berjarak fisik, tapi tetap bersatu hati,". 

                        DIRGAHAYU HUT KEMERDEKAAN RI KE-75

7 komentar: