Sabtu, 15 Agustus 2020

Tentang Blog

My Study: Manfaat Blog dalam Pembelajaran

Tentang Blog ini

Ada sisi baik yang ada dibalik pandemi Covid-19 ini, yaitu meningkatnya literasi digital para guru dalam memberikan layanan pembelajaran kepada peserta didiknya. Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring (online) serta merta telah mengejutkan seluruh insan pendidik di negeri ini. Di sini, para guru senantiasa dituntut untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam mendesain pembelajaran yang bermakna yang tentunya didukung juga oleh kemampuan menerapkan teknologi informasi sekarang ini. Banyak guru berlomba-lomba memburu ilmu meningkatkan kompetensi mereka agar bisa melaksanakan pembelajaran daring secara optimal. 

Blog ini dibuat sebagai media pelaksanaan pembelajaran dalam mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19 ini. Pembelajaran jarak jauh dengan melakukan proses pembelajaran secara daring (online) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang bisa kita lakukan dalam situasi saat ini. Peserta didik diharuskan mengikuti pembelajaran dari rumah (BDR) untuk mencegah penularan wabah Covid-19 yang semakin meluas. 

Contohnya saya sebagai penulis dan pembuat blog ini. Penulis menggunakan blog sebagai media pembelajaran karena cukup mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Kita bisa dengan mudah untuk mengisi konten, menyisipkan gambar atau video dan juga menautkan ke channel You Tube yang kita miliki atau google form yang kita buat. Dengan demikian, siswa dapat mengakses informasi belajar dan meningkatkan keterampilan teknologinya, berbagi dan menggunakan ulang konten-konten pembelajaran. 

Melalui blog ini, diharapkan dapat lebih menarik minat dan perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dari rumah. Blog ini berisikan segala materi baik itu tentang perangkat pembelajaran guru dan juga materi tentang pembelajaran bahasa Inggris. Di samping itu, blog ini juga memuat karya kreativitas dan inovasi yang penulis hasilkan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik selama mereka belajar dari rumah. 

Misalnya, di bawah ini adalah salah satu video yang diambil dari channel You Tube saya. Video ini sebagai media pembelajaran saya dalam mengajarkan materi bahasa Inggris. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar