Kamis, 25 Februari 2021

Program Belajar Kemendikbud Tingkatkan Kompetensi Guru di Masa Pandemi

 

Program guru belajar adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.Program guru belajar dari Kemendikbud di masa pandemi ini memang benar-benar berkualitas dan mampu membangkitkan semangat dan kompetensi saya sebagai guru yang mengajar di tengah pandemi. Tantangan dan tuntutan guru untuk mampu mendesain dan melaksanakan pembelajaran jarak jauh cukup berat. Maka dari itu Kemendikbud melalui  Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan meluncurkan  program guru belajar. Ada beberapa program belajar yang ditawarkan yaitu program belajar seri masa pandemi Covid-19, seri Asasmen Kompetensi Minimum (AKM) dan juga seri pendidikan keterampilan hidup. Di sini, saya sudah mengikuti dan menuntaskan dua program belajar yakni seri masa pandemi Covid-19 dan Asasmen kompetensi minimum.

  1. Program Belajar Seri PANDEMI COVID-19

Ini adalah Program pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi semaksimal mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus yakni masa pandemi COVID-19. Program belajar ini dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar. Adapun tujuan dari profgram ini yaitu:

  • Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.disederhanakan.
  • Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa.
  • Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
  • Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

Program belajar ini memiliki keistimewaan tersendiri yakni lebih fleksibel (waktu bisa diatur sesuai kesibukan masing-masing), lebih menantang (bisa memilih tantangan yang sesuai dengan kemampuan guru, apakah menyelesaikan Tahap 1, Tahap 2 atau hingga tuntas Tahap 3), lebih mudah (lebih mudah mempelajari konten pembelajaran yang telah dipecah menjadi unit belajar yang lebih kecil) dan lebih kolaboratif (bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain untuk menyelesaikan semua tahapan program). Ada empat tahapan dalam pelaksanaan program belajar ini yaitu :

1). Orientasi : Berisi orientasi program tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.

2). Bimtek : Pembelajaran dengan konsep Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa pandemi, Kurikulum Kondisi Khusus, Asesmen Diagnosis, Asesmen Diagnosis Berkala, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Media, Teknologi dan Sumber Belajar.

3). Diklat : Pelatihan yang memberi kesempatan peserta mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh pembelajaran jarak jauh (PJJ), merancang dan menerapkan PJJ, mengunggah tulisan praktik baik PJJ, melakukan penilaian diri terhadap tulisan praktik baik PJJ.

4). Pengimbasan : Kegiatan ini  mengundang guru untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 melalui kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru.

 

2. Program Belajar Seri AKM

Ini merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK, Guru/Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, SMALB, dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum. Adapun tujuan dari program ini yaitu:

  • Memahami konsep Asesmen Nasional.
  • Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.
  • Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Ada 2 tahap dalam pelaksanaan program belajar ini yaitu:

1). Bimtek. Berisi orientasi yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada tahap Bimtek, peserta akan mengikuti pembelajaran mengenai konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerasi, serta membaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama 5 (lima) hari.

2). Pengimbasan. Peserta diharapkan dapat menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain di satuan pendidikan peserta untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Peserta mendokumentasikan video pengimbasan dan mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.

 

Referensi:

https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/

 

Penulis :Ni Made Wahyu Supraba Wathi, Guru Bahasa Inggris, SMAN 1 Kubu, Karangasem, Bali.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar