Rabu, 10 Februari 2021

Optimalisasi PJJ dengan Berinovasi melalui Microsoft 365

 


Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi ini akan berjalan optimal jika ditopang oleh daya kreativitas dan inovasi yang dilakukan guru. Di sini, peran guru sebagai inovator dalam pembelajaran sangat berpengaruh, di mana guru harus inovatif dan kreatif dalam memilih media dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar secara daring. Variasi dalam pembelajaran jarak jauh murni perlu dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan dalam masa BDR ini. Guru di masa pandemi ini dituntut untuk mampu beradaptasi dalam hal penggunaan teknologi informasi guna menunjang optimalisasi PJJ.

Dalam hal ini, Micrososoft 365 hadir untuk menfasilitasi guru dalam pelaksanaan PJJ yang kreatif, inovatif, adaptif dan variatif. Microsoft 365 merupakan paket aplikasi yang dirancang khusus untuk kolaborasi guru dan siswa dalam pembelajaran seperti berdiskusi, pemberian tugas, pemaparan materi, penilaian dan lain sebagainya. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur untuk menghasilkan konten pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan guru.

Adapun keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Microsoft 365 dalam mendukung pembelajaran daring ini diantaranya:

  1. Guru bisa melakukan semua aktivitas pembelajaran yang diperlukan dalam satu paket aplikasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
  2. Dalam pembelajaran, siswa akan diberikan pengalaman yang berharga dan berkelanjutan
  3. Penggunaan Microsoft 365 tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa, tetapi juga memberikan pengalaman siswa dalam menggunakan teknologi informasi terutama dalam hal cloud computing yang sangat dibutuhkan saat ini maupun masa yang akan datang.
  4. Guru secara leluasa bisa berkreasi dan berinovasi dalam hal merancang pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh Microsoft 365 dalam pembelajaran daring ini yaitu :

A. Microsoft Teams 

Adapun fasilitas-fasilitas yang ditawarkan di Teams adalah:

  1. Membuat kelas dan membagi kelompok
  2. Menjadwalkan meeting atau pertemuan dengan siswa
  3. Membuat kelompok diskusi saat meeting berlangsung dan masing-masing kelompok memiliki room meetingnya masing-masing dan bisa dipantau oleh guru.
  4. Memberikan tugas, membuat rubrik penilaian, memeriksa tugas yang dikumpulkan siswa, memberikan feedback serta siswa dapat melihat nilai yang diberikan guru.
  5. Memberikan evaluasi/ulangan secara daring kepada siswa
  6. Share bahan ajar yang sudah dibuat dalam bentuk video, ppt, pdf, dokumen word dan lain-lain
  7. Masing-masing siswa memiliki buku catatan digital yang dapat dikontrol oleh guru maupun orang tua
  8. Terdapat papan tulis digital yang dimanfaatkan saat pertemuan daring

Dalam pembelajaran kelas daring saya, Teams tidak digunakan dengan siswa saya karena sekolah belum memiliki ijin dari pihak Microsoft untuk dijadikan sebagai platform pembelajaran. Sekolah saya menggunakan LMS lain yang bisa diakses oleh semua warga sekolah dan gratis.

B. Microsoft Sway

Aplikasi ini menawarkan pembuatan konten pembelajaran seperti bahan ajar interaktif digital. Bahan ajar yang sudah didesain bisa dipercantik penampilannya dengan beragam design dan tema yang tersedia. Dalam materi, guru bisa menyematkan gambar,video, soal ulangan atau survei yang sudah dibuat dengan form dan lain-lain. Setelah selesai materinya,  link dari materi tersebut bisa langsung di-share ke siswa.

Ini merupakan aplikasi favorit saya di Microsoft 365 karena sejak mengenal Sway, setiap materi yang akan saya paparkan, saya siapkan dan kreasikan dengan menggunakan aplikasi ini.

C. Microsoft Form

Microsoft Form bisa dimanfaatkan oleh guru untuk membuat survei, kuis maupun soal ulangan yang bisa disematkan konten lain seperti gambar, video, grafik dan lain-lain. Form yang kita buat bisa di setting sesuai kebutuhan guru sebagai pembuat soal. Pemakain aplikasi ini saya gunakan secara bergantian dengan Google Form.

D. Class Notebook

Ini merupakan aplikasi buku digital yang dapat diakses secara online oleh guru dan siswa. Class Notebook ini juga sebagai tempat berkolaborasi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Guru dan orang tua dapat memantau perkembangan belajar siswa dari catatan kelas yang diisi.

E. Kaizala

Kaizala merupakan alat interaksi antara guru dan peserta didik maupun sesama peserta didik. Guru juga dapat membuat poling cepat, absensi yang terintegrasi GPS dan mengajak peserta didik untuk bermain game edukatif untuk mengatasi kejenuhan belajar, serta banyak fitur-fitur lainnya.

 

Referensi 

Tomayou, Gani. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh dengan Microsoft 365. Diakses pada tanggal 9 Pebruari 2021 di alamat  https://fajartomayou.com/pjj-dengan-office-365/

 

Penulis : Ni Made Wahyu Supraba Wathi, SMA Negeri 1 Kubu, Karangasem, Bali.

   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar