Sebagai guru yang mengajar di era abad 21 ini, kita harus sudah siap dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam bidang pendidikan. Terlebih lagi dunia pendidikan di Indonesia sekarang sedang terselimut pandemi yang tidak tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Oleh karena itu, guru sebagai ujung tombak pendidikan untuk generasi mendatang bangsa ini harus merancang pembelajaran jarah jauhnya sekreatif mungkin untuk menghindari kejenuhan siswa selama BDR.
Beragam cara ditempuh oleh guru era digital ini agar pembeajaran jaraj jauh (PJJ) berlangung efektif dan menyenangkan. Banyak aplikasi berbasis web tersedia untuk optimalisasi PJJ. Salah satunya adalah Padlet. Padlet adalah aplikasi online yang paling tepat digambarkan sebagai papan tulis digital. Padlet bisa diaplikasikan oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang sudah diposting oleh guru dan siswa bisa dalam bentuk tautan, video, gambar, dan file dokumen. Tulisan dinding yang dibuat di Padlet dapat diekspor dengan beberapa cara, termasuk PDF atau spreadsheet, atau disematkan ke blog, situs, atau laman lainnya.
Di sini, peserta didik dapat berkolaborasi dan menyampaiakn ide apa saja terkait materi pembelajaran dalam bentuk teks, gambar, video, audio ataupun pautan web, dan dapat pula mengulang pelajaran selepas proses pembelajaran online. Hal ini memungkinkan siswa untuk berbagi catatan dengan orang lain dalam bentuk link, gambar, video dan dokumen yang berbeda. Padlet merupakan virtual online dimana guru dan siswa dapat melakukan pembelajaran secara kolaboratif, refleksi, berbagi link dan gambar dalam sebuah lokasi. Siswa bisa berinteraksi secara virtual dengan guru seperti mereka berada dalam kelas.Siswa lain juga bisa membaca dan melihat tulisan teman mereka dan bisa berkomentar serta mengedit tulisan teman mereka.
Zatul Aini Abd Majid (2014) berpendapat bahwa penggunaan Padlet mampu meningkatkan pengalaman pembelajaran siswa. Pengalaman belajar menggunakan Padlet akan mengasah dan melatih empat keterampilan berbahasa yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
Padlet juga menyediakan beragam fitur sehingga siswa bisa bereksplorasi dalam mengembangkan keterampilannya. Fitur-fitur tersebut diantaranya:
- Mengunggah (upload)
- Link untuk menghubungkan
- Google untuk pencarian
- Snap untuk memotret
- Film untuk membuat video
- Voice untuk merekam suara
- Screen untuk merekam aktivitas layar
- Draw untuk menggambar
- Place untuk memberitahu alamat
- Padlet untuk menghubungkan padlet lain
Dari fitur-fitur tersebut, siswa bisa mengeksplorasi dan menggali kemampuan berbahasa mereka.
Penulis : Ni Made Wahyu Supraba Wathi, Guru bahasa Inggris, SMA Negeri 1 Kubu, Karangasem, Bali.
Referensi :
Astuti, Indarti Puji. 2020. Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dengan Padlet. Diakses pada tanggal 11 Pebruari 2021 pada alamat https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/09/23/belajar-bahasa-inggris-yang-asyik-dengan-padlet/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar